E-Learning
E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan
yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut
beberapa pengertian E-learning dari berbagai sumber:
- Pembelajaran
yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer
sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27).
- Proses
pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses
pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).
- Sistem
pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar
yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru
dengan siswa (Ardiansyah, 2013).
Karakteristik E-learning
Menurut Rosenberg (2001) karakteristik E-learning
bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan
atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan
informasi.
Karakteristik E-learning menurut Nursalam (2008:135) adalah:
Karakteristik E-learning menurut Nursalam (2008:135) adalah:
- Memanfaatkan
jasa teknologi elektronik.
- Memanfaatkan
keunggulan komputer (digital media dan komputer networks)
- Menggunakan
bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian
disimpan di komputer, sehingga dapat diakses oleh doesen dan mahasiswa
kapan saja dan dimana saja.
- Memanfaatkan
jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang
berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di
komputer.
Manfaat E-learning
- Fleksibel.
E-learning memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk
mengakses perjalanan.
- Belajar
Mandiri. E-learning memberi kesempatan bagi pembelajar secara mandiri
memegang kendali atas keberhasilan belajar.
- Efisiensi Biaya. E-learning memberi efisiensi
biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana dan
fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi biaya bagi pembelajar adalah
biaya transportasi dan akomodasi.
Kelebihan E-learning
Kelebihan E-learning ialah memberikan
fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan, visualisasi melalui berbagai
kelebihan dari masing-masing media (Sujana, 2005 : 253 ). Menurut L. Tjokro
(2009:187), E-learning memiliki banyak kelebihan yaitu :
- Lebih
mudah diserap, artinya menggunakan fasilitas multimedia berupa gambar, teks,
animasi, suara, video.
- Jauh
lebih efektif dalam biaya, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu
minimum audiensi, bisa dimana saja, bisa kapan saja, murah untuk
diperbanyak.
- Jauh
lebih ringkas, artinya tidak banyak formalitas kelas, langsung pada pokok
bahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.
- Tersedia
24 jam/hari – 7 hari/minggu, artinya penguaasaan materi tergantung pada
semangat dan daya serap siswa, bisa dimonitor, bisa diuji dengan e-test.
Kekurangan E-learning
Kekurangan E-learning menurut L. Gavrilova (2006:354)
adalah pembelajaran dengan model E-learning membutuhkan peralatan tambahan yang
lebih (seperti komputer, monitor, keyboard, dsb). Kekurangan E-learning yang
diuraikan oleh Nursalam (2008:140) sebagai berikut :
- Kurangnya
interaksi antara pengajar dan pelajar atau bahkan antar pelajar itu
sendiri.
- Kecenderungan
mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya membuat
tumbuhnya aspek bisnis/komersial.
- Proses
belajar mengajar cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan.
- Berubahnya
peran pengajar dari yang semula menguasai teknik pembelajaran
konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik pembelajaran yang
menggunakan ICT (information, communication, dan technology).
- Tidak
semua tempat tersedia fasilitas internet ( mungkin hal ini berkaitan
dengan masalah tersedianya listrik, telepon, ataupun komputer).
- Kurangnya
sumber daya manusia yang menguasai internet.
- Kurangnya
penguasaan bahasa komputer.
- Akses
pada komputer yang memadai dapat menjadi masalah tersendiri bagi peserta didik.
- Peserta
didik bisa frustasi jika mereka tidak bisa mengakses grafik, gambar, dan
video karena peralatan yang tidak memadai.
- Tersedianya
infrastruktur yang bisa dipenuhi.
- Informasi
dapat bervariasi dalam kualitas dan akurasi sehingga penduan dan fitur
pertanyaan diperlukan.
- Peserta
didik dapat merasa terisolasi.
E-BOOK
E-book adalah
singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah
sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book
ini berupa file dengan format bermacam-macam, ada yang berupa pdf (portable
document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau
sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan
browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format
exe. Pada kebanyakan e-book menggunakan bentuk format pdf. Karena lebih
mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah security.
Seiring berkembangnya dunia digital saat ini, ebook
juga berkembang menjadi suatu produk yang sangat disukai oleh orang-orang.
Selain ebook dalam bentuk pdf, kita juga dapat menjumpai ebook dalam bentuk
exe. Sama seperti ebook berbentuk pdf, ebook dalam bentuk exe ini juga harus
kita installernya. Agar nantinya kita dapat membaca ebook tersebut.
Dunia ebook saat ini memang menjadi suatu trend dan
sangat memudahkan orang-orang penulis untuk dapat menyebarkan
tulisan-tulisannya dengan mudah dan gampang. Dengan pemikiran teknisnya aja,
kita dapat membayangkan jika ebook tidak memakan biaya yang sangat besar
seperti halnya dengan sebuah buku. Macam-macam tulisan banyak terdapat
dalam ebook yang mempunyai berbagai kategori penulisan juga. Nah,anda dapat
download e-book gratis dari saya.
Manfaat E-Book
Ada banyak manfaat dari E-Book, antara lain:
- Ukuran
fisik kecil, KarenaeBook memiliki format digital, dia dapat
disimpan dalam penyimpan data (harddisk, CD-ROM, DVD) dalam format yang
kompak. Puluhan, bahkan ratusan, buku dapat disimpan dalam sebuah DVD
sehingga tidak mengambil banyak tempat (ruangan yang besar).
- Mudah
dibawa, Beberapa buku dalam format eBook dapat dibawa dengan
mudah, sementara itu membawa buku dalam format cetak sangat berat.
- Tidak
lapuk, eBook tidak menjadi lapuk layaknya buku biasa. Format digital
dari eBook dapat bertahan sepanjang masa dengan kualitas yang tidak
berubah.
- Mudah
diproses, Isi dari eBook dapat dilacak, di-search dengan mudah
dan cepat. Hal ini sangat bermanfaat bagi orang yang melakukan studi
literatur.
- Dapat
dimanfaatkan oleh orang yang tidak dapat membaca, Karena format
eBook dapat diproses oleh komputer, maka isi dari eBook dapat
dibacakan oleh sebuah komputer dengan menggunakan text to speech
synthesizer. Tentunya riset masih dibutuhkan untuk membuat teknologi
pembacaan yang bagus. Selain untuk orang buta, pembacaan ini juga dapat
digunakan oleh orang yang buta huruf. Selain itu peragaan juga dapat diset
dengan menggunakan huruf (font) yang besar bagi orang yang sulit membaca
dengan huruf kecil.
- Penggandaan
(duplikasi, copying), eBook sangat mudah dan murah. Untuk
membuat ribuan copy dari eBook dapat dilakukan dengan murah,
sementara untuk mencetak ribuan buku membutuhkan biaya yang sangat mahal.
(Tentunya kemudahan penggandaan ini memiliki efek ganda, yaitu mudah
dibajak. Tapi ini cerita lain.)
- Mudah
didistribusikan, Pendistribusian dapat menggunakan media elektronik
seperti Internet. Pengiriman eBook dari Amerika ke Indonesia
dapat dilakukan dalam orde waktu menit dan murah. Buku langsung dapat
dibaca sekarang juga. Pengiriman buku secara fisik membutuhkan waktu yang
lama (harian & bahkan mingguan) dan mahal. Belum lagi ada masalah buku
yang hilang diperjalanan. Proses distribusi secara elektronik ini memungkinkan
adanya perpustakaan elektronik dimana seseorang dapat meminjam buku
melalui Internet (check out counter di Internet) dan buku akan
dikembalikan setelah masa peminjaman berlalu. Perusahaan Adobe tengah
percobaan ini.
E-Learning
di Bandung
E-Learning
PrivatBandung.Com merupakan fasilitas yang disediakan oleh PrivatBandung.Com
untuk mendukung sistem kegiatan belajar mengajar jarak jauh, dimana saja, dan
kapan saja selama tersedianya koneksi internet. Fasilitas e-learning
ini merupakan komitmen kami dalam mencapai visi kami yaitu menjadi lembaga
pendidikan les privat terbaik di Bandung. Dengan adanya e-learning ini
mudah-mudahan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih mudah dan lebih flexible
sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Apabila
ada kendala tentang penggunaan e-learning ini silahkan membaca panduan atau
menghubungi guru atau customer service kami.
E-Learning di Unpad
e-Learning
Unpad didirikan untuk menjembatani jarak, waktu, dan berbagai kondisi yang
dapat menghalangi kegiatan pembelajaran. Bukan hanya itu, e-Learning juga hadir
untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi sebagai upaya memaksimalkan hasil
belajar.
e-Learning
memiliki berbagai layanan guna mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar, di
antaranya adalah Training Services/Layanan Pelatihan yang dapat
dilakukan baik secara in-house, in-service, maupun public training.
Beberapa pelatihan yang kami selenggarakan adalah:
- e-Learning Training
- Desktop Applications Training
- Networking Training
- Multimedia Training
- Management Services Training
- Scientific writing tools
Training
- Weblog Training
Selain
itu, e-Learning Unpad pun melalui kerja sama dengan para dosen membangun
mata kuliah online yang dapat diakses oleh mahasiswa, serta dilakukan
pula e-LearningConsulting baik menggunakan beberapa saluran maupun
langsung mengenai proses pembelajaran bermedia elektronik ini. Hal yang
dikonsultasikan berupa: how to design online course, how to create good
online course, how to design content, online course management dll.
Fitur E-learning
E-learning memiliki fitur-fitur sebagai berikut (Clark
& Mayer, 2008, p. 10):
- Konten
yang relevan dengan tujuan belajar
- Menggunakan
metode instruksional seperti contoh dan praktek untuk membantu belajar.
- Menggunakan
elemen media seperti kalimat dan gambar untuk mendistribusikan konten dan
metode belajar.
- Pembelajaran
dapat secara langsung dengan instruktur (synchronous) ataupun
belajar secara individu (asynchronous).
- Membangun
wawasan dan teknik baru yang dihubungkan dengan tujuan belajar.
E-Learning di Indonesia
1. UNIVERSITAS
GAJAH MADA
Universitas Gajah Mada telah mengembangkan "E-Learning system for academic community" yang disebut Elisa. Program tersebut di pimpin oleh Koordinator E-learning Pusat Pengembangan Pendidikan (P3) Universitas Gadjah Mada (UGM) Herman Saksono di Yogyakarta.
Program di akses untuk pembelajaran secara online dengan mendownload bahan kuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan mahasiswa.
Program ini dikembangkan oleh Tim Inherent UGM dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen,
Universitas Gajah Mada telah mengembangkan "E-Learning system for academic community" yang disebut Elisa. Program tersebut di pimpin oleh Koordinator E-learning Pusat Pengembangan Pendidikan (P3) Universitas Gadjah Mada (UGM) Herman Saksono di Yogyakarta.
Program di akses untuk pembelajaran secara online dengan mendownload bahan kuliah, berdiskusi, dan memberikan penugasan mahasiswa.
Program ini dikembangkan oleh Tim Inherent UGM dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen,
2. INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG
Institut Teknologi Bandung telah mengembangkan portal kuliah online Portal tersebut dinamakan "Blended Learning ITB". Sistem Blended Learning ITB adalah portal pembelajaran berbasis ICT di ITB . Portal ini menyediakan konten digital bahan pembelajaran yang digunakan oleh para dosen ITB untuk menyampaikan materi kuliahnya. Ratusan bahan pembelajaran dari
para dosen ITB tersebut tersedia dan dapat diakses dari portal Blendedlearning ini.
Proses pembelajaran Blended Learning ITB, diawali di kelas pada masing-masing semester, kemudian dilanjutkan dengan media Blended Learning ITB untuk pendalaman materi dan diskusi.
Institut Teknologi Bandung telah mengembangkan portal kuliah online Portal tersebut dinamakan "Blended Learning ITB". Sistem Blended Learning ITB adalah portal pembelajaran berbasis ICT di ITB . Portal ini menyediakan konten digital bahan pembelajaran yang digunakan oleh para dosen ITB untuk menyampaikan materi kuliahnya. Ratusan bahan pembelajaran dari
para dosen ITB tersebut tersedia dan dapat diakses dari portal Blendedlearning ini.
Proses pembelajaran Blended Learning ITB, diawali di kelas pada masing-masing semester, kemudian dilanjutkan dengan media Blended Learning ITB untuk pendalaman materi dan diskusi.
3. UNIVERSITAS
INDONESIA
Universitas Indonesia "Computer Learning Resources" (CLR) telah mengembangkan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) "Computer Mediated Learning" (CML) dan "Student Centered E-Learning Environment". CML merupakan salah satu E-Learning Management System untuk memediasi metode pembelajaran learner centered khususnya metode Collaborative Learning (CL) dan Problem-based Learning (PBL). "Student Centered E-Learning Environment" merupakan pembelajaran online untuk mahasiswa.
Karakteristik e-Learning yang dapat diakses oleh pengguna (dosen maupun mahasiswa) dari mana saja (anywhere) dan kapan saja (anytime) sangat menunjang penyelenggaraan pendidikan secara jarak jauh.
Universitas Indonesia "Computer Learning Resources" (CLR) telah mengembangkan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) "Computer Mediated Learning" (CML) dan "Student Centered E-Learning Environment". CML merupakan salah satu E-Learning Management System untuk memediasi metode pembelajaran learner centered khususnya metode Collaborative Learning (CL) dan Problem-based Learning (PBL). "Student Centered E-Learning Environment" merupakan pembelajaran online untuk mahasiswa.
Karakteristik e-Learning yang dapat diakses oleh pengguna (dosen maupun mahasiswa) dari mana saja (anywhere) dan kapan saja (anytime) sangat menunjang penyelenggaraan pendidikan secara jarak jauh.
4. UNIVERSITAS
GUNADARMA
Universitas Gunadarma telah mengembangkan E-Learning. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Universitas Gunadarma didukung oleh 9 unit kerja, di samping perangkat program studi, yang secara struktural bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Setiap unit kerja dilengkapi dengan beberapa unit kerja yang lebih operasional. Sebagian unit kerja berafiliasi dengan satu fakultas sedangkan yang lainnya melayani kegiatan Universitas Gunadarma secara keseluruhan. Gambar di bawah ini menunjukkan struktur organisasi Universitas Gunadarma.
E-Learning diawas BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) Gunadarma, dengan sub bagian pengerjaan yaitu Pusat Pembelajaran Eletronis (ELC, e-Learning Center).
Universitas Gunadarma telah mengembangkan E-Learning. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Universitas Gunadarma didukung oleh 9 unit kerja, di samping perangkat program studi, yang secara struktural bertanggung jawab langsung kepada Rektor. Setiap unit kerja dilengkapi dengan beberapa unit kerja yang lebih operasional. Sebagian unit kerja berafiliasi dengan satu fakultas sedangkan yang lainnya melayani kegiatan Universitas Gunadarma secara keseluruhan. Gambar di bawah ini menunjukkan struktur organisasi Universitas Gunadarma.
E-Learning diawas BAPSI (Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi) Gunadarma, dengan sub bagian pengerjaan yaitu Pusat Pembelajaran Eletronis (ELC, e-Learning Center).
5. UNIVERSITAS
DIPONEGORO
Universitas Diponegoro telah mengembangkan sistem kuliah online dikenal "Kul-on". Digunakan sebagai media pembantu materi pembelajaran, memberikan waktu yang fleksibel untuk mahasiswa dan dosen dalam memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran terstruktur dan mandiri di luar tatap muka bagi mahasiswa
Universitas Diponegoro telah mengembangkan sistem kuliah online dikenal "Kul-on". Digunakan sebagai media pembantu materi pembelajaran, memberikan waktu yang fleksibel untuk mahasiswa dan dosen dalam memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran terstruktur dan mandiri di luar tatap muka bagi mahasiswa
6. UNIVERSITAS
TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER
Universitas Sebelas Maret E-Learning.
Idenya adalah dengan mengadakan virtual class sehingga semua mahasiswa di lingkungan intern ataupun di seluruh wilayah yang ada di Indonesia dapat mengikuti kuliah yang diselenggarakan di ITS. Penggagas virtual class di ITS ini dilakukan oleh bidang satu. Pembantu rektor 1 dan jajarannya dan Fakultas Teknologi Informasi ditunjuk sebagai unit untuk melakukan pengembangan virtual class.
Universitas Sebelas Maret E-Learning.
Idenya adalah dengan mengadakan virtual class sehingga semua mahasiswa di lingkungan intern ataupun di seluruh wilayah yang ada di Indonesia dapat mengikuti kuliah yang diselenggarakan di ITS. Penggagas virtual class di ITS ini dilakukan oleh bidang satu. Pembantu rektor 1 dan jajarannya dan Fakultas Teknologi Informasi ditunjuk sebagai unit untuk melakukan pengembangan virtual class.
7. UNIVERSITAS
PADJADJARAN
Universitas Padjadjaran telah mengembangkan kuliah online "E-Learning Center" serta E-Learning dengan fasilitas "Virtual Based Learning" (Vabel).
Fasilitas e-Learning dengan kekayaan modul kuliah online yang tersedia dapat semakin membuka wawasan pengetahuan mahasiswa karena dapat mengakses materi kuliah lintas disiplin. Sekaligus merupakan tantangan bagi para dosen untuk menghasilkan materi ajar yang berkualitas karena tidak hanya bisa dinikmati oleh mahasiswa di ruang kelas saja tetapi juga masyarakat umum.
Universitas Padjadjaran telah mengembangkan kuliah online "E-Learning Center" serta E-Learning dengan fasilitas "Virtual Based Learning" (Vabel).
Fasilitas e-Learning dengan kekayaan modul kuliah online yang tersedia dapat semakin membuka wawasan pengetahuan mahasiswa karena dapat mengakses materi kuliah lintas disiplin. Sekaligus merupakan tantangan bagi para dosen untuk menghasilkan materi ajar yang berkualitas karena tidak hanya bisa dinikmati oleh mahasiswa di ruang kelas saja tetapi juga masyarakat umum.
8. UNIVERSITAS AIRLANGGA
Universitas Airlangga E-Learning dikenal dengan "Airlangga University e-Learning Application" (AULA).
Proses belajar-mengajar yang dilaksanakan secara online melalui media internet dan intranet ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi yang sedang dipelajari dan memberikan pengalaman belajar dalam memanfaatkan media internet.
Universitas Airlangga E-Learning dikenal dengan "Airlangga University e-Learning Application" (AULA).
Proses belajar-mengajar yang dilaksanakan secara online melalui media internet dan intranet ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan materi yang sedang dipelajari dan memberikan pengalaman belajar dalam memanfaatkan media internet.
Perangkat ITpendukung E-learning Universitas
Padjadjaran
Kuliah online di Universitas
Padjajaran Bandung dapat diakses melalui portal http://elearning.unpad.ac.id/. Bukan
hanya kuliah online, e-Learning juga memiliki berbagai layanan guna
mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar, diantaranya:
a. Training Services
(Layanan Pelatihan)
Layanan pelatihan kami dapat
dilakukan baik secara in-house training maupun in-service training. Beberapa
pelatihan yang kami selenggarakan adalah:
Online Learning Management System
ICT
Desktop Applications
Networking
Multimedia
b. Online course Development
(Pembangunan Mata Kuliah OnLine)
E-Learning Unpad membangun mata kuliah online yang dapat diakses oleh mahasiswa. Proses ini dilakukan bersama para pendidik yang tentunya semakin sadar akan perlunya alternatif pembelajaran ini. Prosesnya meliputi:
E-Learning Unpad membangun mata kuliah online yang dapat diakses oleh mahasiswa. Proses ini dilakukan bersama para pendidik yang tentunya semakin sadar akan perlunya alternatif pembelajaran ini. Prosesnya meliputi:
Course
Designing
Digital
Course Developing
Multimedia
Developing
a. Learning Consulting (Konsultasi e-Learning)
Beberapa saluran, baik face to face maupun bermedia, telah kami buka untuk melayani berbagai pertanyaan mengenai proses pembelajaran bermedia elektronik ini. Hal-hal yang dapat dikonsultasikan diantaranya mengenai:
Beberapa saluran, baik face to face maupun bermedia, telah kami buka untuk melayani berbagai pertanyaan mengenai proses pembelajaran bermedia elektronik ini. Hal-hal yang dapat dikonsultasikan diantaranya mengenai:
How To
Design On Line Course
How To
Create Good On Line Course
How To
Design Content
On Line
Course Management
Bussiness
Developing
b. Research and Development (Riset dan Pembangunan)
E-Learning tak henti melakukan
penelitian guna pengembangan fungsi
lembaga ini kedepannya. beberapa metode yang biasa kami lakukan adalah:
Knowledge
Management Research Group
E-Learning
Software Group
Content
Repository Team
Sejak 2012, setiap tahunnya,
e-Learning bersinergi dengan berbagai komponen di Lembaga Pengembangan
Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unpad, berupaya menghasilkan 100 mata
kuliah yang online yang terintegrasi dalam program “Penyusunan 100 Modul dan Bahan
ajar Digital di Lingkungan Universitas Padjadjaran Bandung ”.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar